Jumat, 06 Januari 2012

Desa - Desa Usaha

SEKARBELA LOMBOK , SENTRA KERAJINAN MUTIARA , GROSIR MUTIARA.



Sekarbela , Mataram Lombok NTB Nusa Tenggara Barat, sebagai sentra kerajinan mutiara lombok, Sejak lama daerah ini menjadi pusat perdagangan perhiasan , emas perak dll, dan setelah komoditi budidaya mutiara di lombok semakin maju maka daerah ini tidak hanya menjadi sentra kerajianan emas dan perak saja tetapi telah menjadi sentra kerajinan perhiasan mutiara.




Banyumulek

Banyumulek adalah sebuah desa yang terletak di kecamatan Kediri kabupaten Lombok Barat. Luas daerahnya 4, 21 ha dengan jumlah penduduk 10.347 jiwa yang 80 % adalah perajin gerabah.
Kerajinan ini telah ditekuni sejak jaman dahulu sampai sekarang. Perkembangannya sangat berarti sejalan dengan berkembangnya pariwisata di kawasan Lombok maupun Bali serta dilaksanakannya bimbingan oleh pihak pemerintah.

Jenis keramik dan gerabah yang dihasilkan semula dimanfaatkan sebagai benda fungsional seperti gentong untuk tempat air, kendi untuk minum dan lain-lain. Tetapi, lambat laun terjadi pergeseran nilai yang berorientasi ke arah elemen dekorasi sebagai penghias taman atau penghias ruangan hotel akibat berkembangnya pariwisata di Lombok dan sekitarnya.
Hingga kini Desa Banyumulek merupakan salah satu obyek wisata yang wajib dikunjungi oleh wisatawan yang sedang berwisata di Lombok terutama bagi wisatawan yang memiliki keterkaitan dengan kebudayaan setempat.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar